Komisi – Komisi

0
188

Untuk mensukseskan pelayanan pada masyarakat pada umumnya dan umat Katolik Ketapang pada khususnya, Keuskupan Ketapang memiliki Komisi-komisi yang bekerja sesuai dengan bidangnya di antaranya :

  1. Komisi Bidang Pastoral Internal
    Di Keuskupan Ketapang, terdapat 4 komisi yang digabung menjadi satu dan disebut Komisi Vitalisasi Iman, meliputi Komisi Kateketik, Kitab Suci, Iman dan Adat yang diketua oleh RD. Kamilus Kukuh, dan Komisi Liturgi yang diketuai oleh RD. Cyrillus Ndora.
    Keempat komisi ini sebagai badan perencana, penggerak, dan penyelenggaraan karya pastoral di bidang pewartaan, kerasulan Kitab Suci, dan liturgi / peribadatan. Program Kegiatan Mengadakan training untuk para katekis, guru agama, pemimpin ibadat; menyiapkan bahan liturgi untuk Ibadat Umat di Stasi-Stasi, Training untuk pemandu Pendalaman KS, dan dalam tahun katakese ini menjadi tulang punggung untuk pergerakan komisi-komisi yang lain.
  2. Komisi Penguatan Keluarga dan Kaum Perempuan
    Bertindak selaku perencana sekaligus sebagai penyelenggara Kerasulan Keluarga. Tugasnya antara lain:
    – mengadakan TOT(trainer of trainer) untuk kursus persiapan perkawinan di tingkat  Paroki.
    – Mendampingi dan mengorganisir retret keluarga.
    – Mendisign model-model pembinaan keluarga

    Ketua Komisi            : RD. Simon Anjar Yogatama
    Sekretaris Eksekutif : Bpk. Hironimus Tanam

  3. Komisi Pemberdayaan Sosial Ekonomi (PSE)
    Program: Menyusun bahan Animasi APP bersama dengan komisi Kateketik regio Kalbar, Pemberdayaan Masyarakat melalui proyek APP (proyek mikro), Penyadaran dan pembinaan rasul-rasul sosial PSE dan advokasi dan memetakan persoalan lingkungan hidup sesuai dengan permintaan paroki.

    • Ketua: RD. VP.Bangun Wahyu Nugroho
    • Sekretaris Komisi Migran dan perantau: RD. Stefanus Magut
    • Sekretaris KKP: Matheus Denggol, SH

    Mencakup komisi pengembangan sosial ekonomi untuk Migran dan Perantau dan KKP (Komisi Keadilan dan Perdamaian). Komisi yang bergerak dalam karya pastoral di bidang pengembangan dan pemberdayaan sosial ekonomi umat atau masyarakat rentan sebagai bentuk perwujudan iman dalam wilayah Keuskupan Ketapang.

  4. Komisi Pendidikan dan Beasiswa
    Komisi ini bergerak dalam karya pastoral di bidang pendidikan dalam wilayah Keuskupan Ketapang. Memberikan bimbingan kepada mayarakat agar mereka sungguh-sungguh sadar akan pentingnya pendidikan dan memprioritaskan pendidikan bagi anak-anak mereka. Komdik dan beasiswa ini meliputi : MPK, IIPK , dan lain-lain. Program antara lain: Animasi untuk guru-guru Katolik di pedalaman ( Ikut kegiatan Komdik/ MNPK KWI)
    Ketua         : GM.Pamungkas
    Sekretaris   : Bpk. Iyan Paulus
  5. Komisi Gerakan Kaum Awam dalam Kemasyarakatan dan Politik
    Komisi yang merencanakan dan menggerakan karya kerasulan atau pastoral kaum awam dan kaum muda dalam peranannya berbangsa dan bernegara seturut peranannya dalam masyarakat menjadi ragi dan garam kususnya dalam dunia politik yang damai dan adil.Program Kegiatan: Mendampingi penggerak OMK dan Mahasiswa di tingkat Keuskupan setiap tahun dan rutin, Kaderisasi OMK di tingkat paroki sesuai dengan permintaan. Mendampingi kerohanian anggota legislatif kita, dan mendampingi calon-calon legislatif. Mendata tokoh-tokoh politik sekeuskupan Ketapang untuk dibagikan kepada paroki-paroki.Ketua                                 : Rev. Damasus Jehaut CP
    Sekretaris Kepemudaan      : Thomas Momo A.Riko
    Sekretaris Kerasulan awam : Alkap Pasti
  6. Komisi HAK (Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan)
    Memotivasi dan menganimasi umat dalam kegiatan dialog dengan agama lain, seminar, melakukan kunjungan informal dengan tokoh agama-agama lain, membangun jaringan ditingkat nasional.Komisi ini memiliki tanggungjawab untuk membangun relasi yang harmonis antar agama dan kepercayaan sehingga terciptalah kebebasan dan pluralitas beragama dan saling menghargai diantara pemeluk.

    • Ketua       : RD.Matheus Juli
    • Sekretaris: Remachius Eriyono
  7. Komisi Komunikasi Sosial (KOMSOS)
    Komisi ini memiliki peran untuk mengkomunikasikan iman katolik ditengah media digital yang sedemikian canggih,sehingga iman itu dikenal oleh masyarakat luas dan dengan demikian ikut membentuk manusia yang religius dan saling menghormati dalam beragama.Tugasnya: menyelenggarakan siaran rohani katolik melalui media cetak atau elektronik, mengadakan pelatihan jurnalistik, memproduksi film-film rohani, menerbitkan majalah Keuskupan. Merayakan hari komunikasi sosial sedunia setiap tahun sekali. Menyebarkan pamflet dan bahan-bahan perayaan ekaristi untuk hari komunikasi sedunia.

      • Ketua               : RD. Yohanes Endi
      • Sekretaris       :
      • Anggota           : F.Alkap Pasti
  8. Karya Kepausan Indonesia (KKI) dan KKM
    Badan perencana, penggerak dan penyelenggara karya missioner dilingkup Keuskupan Ketapang. Komisi ini bertugas   menggerakkan dan mengkoordinasi partisipasi warga katolik, dan dalam terang iman serta perkembangan sejarah misi di Keuskupan .Merencanakan, memutuskan, melaksanakan, mengevaluasi kerasulan Gereja yang meliputi : penumbuhan iman umat pada umumnya, pengembangan iman anak dan remaja, panggilan dan, Melatih Pendamping Anak dan Remaja, Minggu Panggilan, Pendamping Guru atau Pendidik Iman Anak-anak. Setiap paroki juga memiliki kegiatan masing-masingKetua        : RD.PH Istejamaya
    Sekretaris  : Maria Wilia Wiwik

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini