Bruder FIC

Tgl 14 Maret 1963, Br.Humbertus, FIC profincial FIC pertama kali tiba di Ketapang. Bruder memeriksa pendirian bangunan Bruderan di Ketapang yang menurut rencana setelah cukup tenaga SMP dan Sekolah Rakyat(SR) dikelola FIC. Bruderan terletak di Jl. Bayangkara No.45 sekarang menjadi Jl. Ahmad Yani 84 bekas rumah Haderiah M. Tanggal 4 April 1963 pembangunan biara FIC dikerjakan. Tanggal 10 Agustus 1963 bruder pertama FIC(Fatres Immacula tae Conceptionis) Br.Albertus Krol,FIC dan Br.Aloysius,FIC.

Kedatangan para Bruder FIC berkarya di Ketapang untuk mengatasi kekurangan guru di sekolah katolik Ketapang. Bruder FIC mengelola SMP Usaba. Kemudian juga Bruder Albertus minta SD Usaba dikelola FIC sebagai dasar masuk SMP. Bruder Alquino,FIC ahli pendidikan pernah menjadi Kepala Sekolah SPGN Ketapang. Diharapkan SPGN juga dikelola oleh bruderan FIC namun akhirnya tidak jadi. Bruder FIC merindukan juga berkarya di daerah pedalaman maka semua SD di hulu Pesaguan diserahkan kepada FIC seperti Natai Panjang, Serengkah, Beringin, Junkal, Pasir Mayang dan Benatu.Tahun 1973 Bruder FIC menetap di Tumbang Titi dan tahun 1979 mulai berkarya di Tanjung(Jelai Hulu).

Dasar karya kerasulan mereka “Terdorong oleh Cinta Kasihnya Kepada Tuhan dalam persatuan erat dengan Yesus Kristus” merupakan perserikatan iman dan cinta kasih. Bersetujuan mewartakan Yesus Kristus dan Injil-Nya, baik dengan cara hidup maupun dengan karya nyata. Bruder FIC memberikan perhatian khusus pada golongan masyarakat yang sering terlupakan, orang miskin, yatim piatu, orang cacat, tuna wisma dan sebagainya. Melibatkan diri dengan kebutuhan dan perkembangan masyarakat¬† serta Gereja sesuai degan semangat konggregasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Masukkan komentar anda
Masukkan nama anda di sini